GAMBARAN PENERAPAN METODE SBAR DALAM MELAKSANAKAN TIMBANG TERIMA (HANDOVER) DI RUANG MAWAR RSD dr. SOEBANDI JEMBER

Firdausiah, Wardatul GAMBARAN PENERAPAN METODE SBAR DALAM MELAKSANAKAN TIMBANG TERIMA (HANDOVER) DI RUANG MAWAR RSD dr. SOEBANDI JEMBER. Technical Report. Universitas dr. SOEBANDI, Jember.

[thumbnail of 22101048 Wardatul Firdausiah.pdf] Text
22101048 Wardatul Firdausiah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Komunikasi efektif telah menjadi salah satu sasaran dalam peningkatan
proses pelayanan kesehatan. Hal tersebut diakibatkan besarnya masalah terkait
kesalahan komunikasi yang berdampak pada pasien, salah satunya kasus
keselamatan pasien. Handover merupakan metode yang digunakan dalam
menyampaikan informasi kepada perawat saat pergantian shift dengan
memudahkan perawat untuk memberikan informasi terkini terkait kondisi pasien.
Handover dengan teknik SBAR (Situation, Background, Assesmen, dan
Recommendation) memungkinkan terjalin komunikasi yang efektif. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penerapan metode SBAR dalam
melaksanakan timbang terima (handover) di ruang mawar RSD dr. Soebandi
Jember. Desain penelitian ini menggunakan deskriptive Narrative. Timbang
terima (handover) pada ruang Mawar RS dr. Soebandi Jember sudah terlaksana
pada setiap pergantian shift namun masih belum optimal dimana pada hasil
observasi masih terdapat beberapa item masih belum terpenuhi yaitu perawat
hanya menggunakan buku catatan individu tidak menggunakan rekam medis
pasien, perawat melakukan pengecekan kelengkapan dokumen asuhan
keperawatan hanya saat berada di nurse station, perawat tidak melakukan
kunjungan pasien untuk klarifikasi dan konfirmasi keadaan pasien, serta perawat
tidak menginformasikan dan memperkenalkan diri perawat shift berikutnya.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@stikesdrsoebandi.ac.id
Date Deposited: 18 Jan 2024 06:06
Last Modified: 18 Jan 2024 06:06
URI: http://repo.uds.ac.id/id/eprint/1185

Actions (login required)

View Item
View Item