PENGARUH HEALTH EDUCATION BERBASIS AUDIOVISUAL TERHADAP MOTIVASI DALAM MELAKUKAN BRISK WALKING EXERCISE PADA PENDERITA HIPERTENSI

Firdausi, Nabila Imaniar (2024) PENGARUH HEALTH EDUCATION BERBASIS AUDIOVISUAL TERHADAP MOTIVASI DALAM MELAKUKAN BRISK WALKING EXERCISE PADA PENDERITA HIPERTENSI. Other thesis, Universitas dr. SOEBANDI.

[thumbnail of Abstrak Nabila Imaniar Firdausi.pdf] Text
Abstrak Nabila Imaniar Firdausi.pdf

Download (597kB)

Abstract

Latar Belakang: Hipertensi bisa normal bahkan bisa stabil tekanan darahnya
dengan salah satu latihan brisk walking exercise akan tetapi rata-rata penderita
hipertensi di Desa Banjarsengon memiliki motivasi lemah untuk melakukan brisk
walking exercise maka dari itu dilakukan health education berbasis audiovisual
untuk meningkatkan motivasi penderita hipertensi. Tujuan: untuk mengetahui
pengaruh health education berbasis audiovisual terhadap motivasi dalam
melakukan brisk walking exercise pada penderita hipertensi. Metode: Penelitian
ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan pre-eksperimental design. Sampel
sebanyak 34 diambil dengan tehnik sampling proportioned statified random
sampling. Analisis yang digunakan yakni univariat dan bivariat uji wilcoxon
signed rank test. Hasil: Dari hasil uji statistik menggunakan uji wilcoxon
menunjukkan hasil terdapat perbedaan signifikan motivasi melakukan brisk
walking exercise sebelum dan sesudah diberikan intervensi dengan nilai sig (2-
tiled) 0.00. Diskusi: Audiovisual dapat meningkatkan motivasi penderita
hipertensi karena audiovisual mengandung unsur suara serta mengandung unsur
gambar, video yang dapat dilihat oleh indra penglihatan, maka dari itu dapat
menangkap sebuah informasi menjadi lebih mudah dipahami dan diingat.
Sehingga memiliki ketertarikan minat dalam diri individu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@stikesdrsoebandi.ac.id
Date Deposited: 06 Aug 2024 07:52
Last Modified: 06 Aug 2024 07:52
URI: http://repo.uds.ac.id/id/eprint/1477

Actions (login required)

View Item
View Item