Kade, Kade (2022) HUBUNGAN RESPON TIME DENGAN KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT. Other thesis, Universitas dr. SOEBANDI.
![[thumbnail of 20010195 Kade.pdf]](http://repo.uds.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
20010195 Kade.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pendahuluan: Instalasi gawat darurat dituntut untuk memberikan
pelayanan yang cepat kepada pasien sejak datang sampai mendapat pelayanan
yang dikenal dengan respons time. Terselenggaranya pelayanan yang cepat,
responsif dan mampu menyelamatkan pasien gawat darurat merupakan salah stau
bentuk capaian indikator mutu layanan. Tinjauan ini bertujuan untuk menjelaskan
hubungan respon time dengan kepuasan pasien di Instalasi Gawat Darurat.
Metode: Desain penelitian adalah Literatur review. Database menggunakan
google scholar, PubMed, Elsevier dengan pendekatan PEOS framework. Enam
artikel publikasi 2018-2021 teridentifikasi sesuai kriteria. Hasil: lima dari enam
artikel menyatakan bahwa response time pada pelayanan instalasi gawat darurat
adalah cepat dan diketahui pula mayoritas partisipan puas terhadap pelayanan
perawat di instalasi gawat darurat. Analisis: response time lambat dikaitkan
dengan ketidakpuasan sedangkan respons time cepat dikaitkan dengan
peningkatan kepuasan dimana response time cepat berimplikasi terhadap 5-8 kali
meningkatkan kepuasan pasien di instalasi gawat darurat. Diskusi: sistem
pelayanan kegawatdaruratan dirumah sakit harus menetapkan evaluasi kinerjanya
berdasarkan tingkat pencapaian respon yang cepat. Sehingga, secara berkala perlu
mengadakan dan meningkatkan pelatihan bagi perawat dalam upaya pengelolaan
gawat darurat serta bagi instansi diharapkan mengoptimalkan penyediaan sarana
gawat darurat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan@stikesdrsoebandi.ac.id |
Date Deposited: | 19 Nov 2022 07:11 |
Last Modified: | 19 Nov 2022 07:11 |
URI: | http://repo.uds.ac.id/id/eprint/653 |