HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT

Fitrianti, Dini and Vitaliati, Trisna and Yuwanto, Mahmud Ady (2023) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT. Other thesis, Universitas dr. SOEBANDI.

[thumbnail of 19010041 Dini Fitrianti.pdf] Text
19010041 Dini Fitrianti.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pelayanan keperawatan merupakan salah satu pelayanan utama yang memiliki
pengaruh besar terhadap kualitas pelayanan. Kualitas pelayanan menjadi menjadi
salah satu aspek yang dapat mempengaruhi tingkat kepuasan pasien. Kualitas
pelayanan yang tidak baik akan berakibat pada rendahnya tingkat kepuasan pada
pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa hubungan antara kualitas
pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit
Tingkat III Baladhika Husada Jember. Desain penelitian ini adalah menggunakan
pendekatan cross sectional, dengan teknik sampling menggunakan accidental
sampling dengan jumlah sampel 96 pasien yang sedang di rawat d ruang rawat inap
Rumah Sakit Tingkat III Baladhika Husada Jember, data diperoleh dengan
menggunakan kuesioner yang di isi oleh pasien kemudian di olah dan di analisa
dengan menggunakan uji stastistik Fisher Exact-Test. Hasilpenelitian menujukkan
bahwa sebagian besar pasien adalah perempuan 59 orang (61.5%), dengan rentang
usia antara 17-30 tahun 44 orang (45.8%) yang dirawat selama 2-3 hari sebanyak 74
orang (77.1%), pendidikan terakhir SMA 43 orang (44.8%), pekerjaan Ibu rumah
tangga 43 orang (44.8%), kualitas pelayanan keperawatan kategori baik 81orang
(84,4%), dan tingkat kepuasan kategori bak 86 orang (89.6%). Terdapat hubungan
antara kualitas pelayanan antara tingkat kepuasan pasien (ρ value = 0.47 <  = 0.005)
dengan kekuatan hubungan rendah dengan nila koefisien korelasi 0.229. Ada
hubungan antara kualitas pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien
rawat inap di Rumah Sakit Tingkat III Baladhika Husada Jember. Semakin baik
kualitas pelayanan yang diberikan maka semakin tinggi pula tingkat kepuasan pasien
yang di dapatkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@stikesdrsoebandi.ac.id
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:28
Last Modified: 24 Jul 2023 07:28
URI: http://repo.uds.ac.id/id/eprint/761

Actions (login required)

View Item
View Item