STUDI KASUS : OPTIMALISASI SUPERVISI PENERIMAAN PASIEN BARU DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PASIEN DAN KELUARGA PASIEN DI RUANG TERATAI RUMAH SAKIT TINGKAT III BALADHIKA HUSADA JEMBER

Sulastri, Ayu (2025) STUDI KASUS : OPTIMALISASI SUPERVISI PENERIMAAN PASIEN BARU DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PASIEN DAN KELUARGA PASIEN DI RUANG TERATAI RUMAH SAKIT TINGKAT III BALADHIKA HUSADA JEMBER. Technical Report. Perpustakaan Universitas dr. SOEBANDI, Jember.

[thumbnail of Abtrak Ayu Sulastri.pdf] Text
Abtrak Ayu Sulastri.pdf

Download (185kB)

Abstract

Pendahuluan: Pelaksanaan penerimaan pasien baru yang belum optimal mempengaruhi tingkat kepuasan pasien dalam menerima layanan kesehatan. Tingkat kepuasan yang rendah akan menyebabkan angka kunjungan menjadi semakin berkurang, begitupun sebaliknya. Pelaksanaan pemberian edukasi penerimaan pasien baru sebenarnya telah dilakukan dengan teratur akan tetapi dalam pelaksanaannya masih belum optimal sehingga menyebabkan timbulnya kesalahpahaman dan tidak patuhnya pasien serta keluarga mengenai tata tertib yang berlaku di rumah sakit. Tujuan: Melakukan supervisi penerapan penerimaan pasien baru dalam meningkatkan kepuasan pasien di Ruang Teratai Rumah Sakit Tingkat III Baladhika Husada Jember. Metode: Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan di Ruang Teratai Rumah Sakit Tingkat III Baladhika Husada Jember pada bulan Januari – Februari 2025 kepada perawat pelaksana. Hasil: (1) Identifikasi tingkat kepuasan sebelum supervisi yaitu mayoritas pasien kurang puas, (2) an analisa masalah di ruangan yaitu dari 22 poin terdapat 12 poin (54,5%) yang hasilnya belum 100%, (3) perencanaan kegiatan supervisi dengan membuat plan of action, (4) pelaksanaan kegiatan supervisi didapatkan 4 perawat lulus dengan catatan dan 2 perawat lulus, dan (5) evaluasi hasil kegiatan supervisi didapatkan hasil bahwa mayoritas pasien merasa cukup puas dengan pelayanan perawat ruangan. Kesimpulan: Mayoritas perawat telah lulus dalam supervisi dan menghasilkan tingkat kepuasan pasien menjadi cukup puas dari pelayanan yang telah diberikan sehingga mutu pelayanan keperawatan di rawat inap menjadi lebih baik.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@stikesdrsoebandi.ac.id
Date Deposited: 27 Oct 2025 08:20
Last Modified: 27 Oct 2025 08:20
URI: http://repo.uds.ac.id/id/eprint/2544

Actions (login required)

View Item
View Item