Salsabila, Firdha Yuniarta (2025) GAMBARAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN ASUHAN KEPERAWATAN DENGAN METODE KELUHAN DAN SARAN DI RUANG RAWAT INAP. Technical Report. Perpustakaan Universitas dr. SOEBANDI, Jember.
Abstrak Firdha.pdf
Download (386kB)
Abstract
Latar belakang: Sebagai penyedia layanan kesehatan, tingkat kepuasan pasien menjadi indikator utama dalam menilai sejauh mana rumah sakit mampu memenuhi kebutuhan dan harapan pasien. Kepuasan pasien terbentuk sejak pertama kali mereka menerima layanan hingga saat kepulangan dari rumah sakit. Pelayanan keperawatan merupakan bagian esensial dalam sistem pelayanan kesehatan rumah sakit. Perawat adalah tenaga kesehatan yang paling sering berinteraksi langsung dengan pasien, sehingga kualitas pelayanan keperawatan sangat memengaruhi persepsi dan kepuasan pasien terhadap pelayanan rumah sakit secara keseluruhan. Tujuan dari studi kasus ini adalah untuk mengetahui tenaga medis ruang seruni dapat mengetahui tingkat kepuasan pasien pada asuhan keperawatan yang telah diberikan. Metode: Penelitian ini merupakan studi kasus deskriptif dengan populasi adalah sebanyak 12 responden yang merupakan seluruh pasien dan atau keluarga pasien di ruang Seruni yang akan keluar rumah sakit. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan pasien atau keluarga pasien kertas pesan kesan sembari memberikan edukasi pulang. Hasil: Didapatkan data bahwa 12 responden yang telah dirawat diruang seruni menuliskan respon positif terhadap layanan yang telah diberikan oleh tenaga kesehatan yang bertugas. Kesimpulan: Penerapan media mading sebagai saluran umpan balik pasien efektif dalam menjaring masukan secara terbuka, menumbuhkan kesadaran tenaga kesehatan terhadap kualitas pelayanan serta dapat meningkatkan partisipasi pasien dalam evaluasi pelayanan.
| Item Type: | Monograph (Technical Report) |
|---|---|
| Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
| Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan@stikesdrsoebandi.ac.id |
| Date Deposited: | 31 Oct 2025 04:17 |
| Last Modified: | 31 Oct 2025 04:17 |
| URI: | http://repo.uds.ac.id/id/eprint/2614 |
